Bahan Katun Combed

Keunggulan Bahan Katun Combed dan Jenisnya 20s, 24s, 30s, 40s

Bahan katun combed adalah salah satu kain yang banyak digunakan di pasaran sebagai bahan pemuatan kaos. Bahan ini memiliki banyak sekali kelebihan dan keunggulan walaupun harganya terbilang mahal.

Keunggulan Bahan Combed

Proses pembuatan bahan katun combed melalui langkah yang panjang guna mendapatkan hasil yang berkualitas tinggi. Langkah tersebut ialah carding yang membuat bahan ini terasa lembut dan juga halus. Carding ialah proses pemisahan antara benang yang kasar dan juga kain.

Selain proses carding, proses lainnya adalah proses combing untuk menghilangkan bulu-bulu yang tersisa sehingga kain yang di hasilkan adalah bahan kain yang halus dan lembut. Dengan kelebihan ini di pasaran kain combed menempati kain unggulan untuk membuat kaos kualitas distro.

Kain ini sangat cocok dan nyaman di gunakan di negara Indonesia yang beriklim tropis karena kain ini memiliki daya serap tinggi sehingga saat di pakai mudah menyerap keringat. Selain kaos, produk yang menggunakan bahan katun combed adalah kaos kaki, piyama, dan lain-lain. Bahan ini berbeda jika dibandingkan dengan bahan untuk kemeja yang tidak melar seperti bahan oxford. Beda pula dengan bahan dry fit yang untuk baju olahraga.

Jenis Katun Combed

Kain katun combed memiliki beberapa jenis yang ada di pasaran dan yang membedakannya adalah tingkat ketebalannya. Berikut adalah 4 jenis bahan katun combed

  1. Katun Combed 20s

Bahan katun combed 20s Ini adalah kategori katun combed yang paling tebal. Bahan ini cocok digunakan untuk di pagai di daerah pegunungan karena dengan tebalnya kain maka angin susah menembus kulit. Atau di daerah tropis pun jika memang lebih menyukai bahan yang tebal maka kain katun 20s ini bisa di jadikan altrenatif pilihan bahan kaos

  1. Katun Combed 24s

Kain katun combed 24s ini lebih tipis jika di bandingkan dengan bahan katun combed 20s. Bisa dibilang bahan ini berada di tengah-tengah sehingga peminatnya sangatlah banyak baik untuk pembuatan kaos distro maupun komunitas.

READ  Kelebihan Bahan Dry Fit Untuk Seragam Bola Yang Nyaman Di Pakai

Gramasi dari kain katun combed 24s ini antara 170 – 210 g/m2. Bahan ini banyak tersedia di kota-kota besar di Indonesia terutama di pulau jawa. Banyak produsen atau konveksi menggunakan bahan ini. Kualitas bahan combed 24S jelas lebih baik jika dibandingkan dengan bahan viscose atau bahan TC.

  1. Katun Combed 30s

Setelah katun combed 20s dan 24s, kain selanjutnya adalah katun combed 30s. Bahan ini lebih tipis dibandingkan keduanya dengan gramasi antara 140-160 g/m2. Untuk daerah yang panas maka akan sangat cocok dengan bahan ini.

Banyak anak muda yang menyukai kain combed 30s ini untuk membuat kaos komunitas atau kaos kelas.

  1. Katun Combed 40s

Semakin tinggi angkanya maka semakin tipis bahannya. Maka kain katun combed 40s ini adalah yang paling tipis diantara ke 4 produk katun combed.

Itulah informasi tentang keunggulan bahan katun combed dan jenisnya. Semoga bermanfaat.

© All Right Reserved